Sabtu, 20 Mei 2023

Mau Beli Charger Laptop? Pahami Dulu Tipsnya Berikut

tips membeli charger laptop
source: t4.ftcdn.net

Charger atau adaptor laptop merupakan komponen laptop yang bisa kita temui dengan mudah di grosir komputer termurah. Charger berguna untuk membantu proses pengisian muatan listrik pada baterai laptop menjadi lebih mudah dan aman.

 

Baterai laptop yang kehabisan muatan listrik tidak akan bisa kita gunakan. Hal tersebut karena setiap laptop hanya bisa kita pakai dalam jangka waktu tertentu yang lamanya tergantung dengan kapasitas baterai dalam pengisian muatan listrik.

 

Sebenarnya, setiap membeli laptop pasti disertai dengan charger atau adaptornya yang original dari perusahaan pembuatnya. Akan tetapi, bisa jadi charger tersebut hilang atau rusak sehingga kita harus membeli charger baru sebagai penggantinya.

 

Tidak boleh sembarangan, kita harus cermat ketika akan membeli charger baru. Berikut ini tips beli charger laptop baru agar kita tidak salah memilih.

 

Menyesuaikan dengan Merek Laptop

 

Setiap merek mempunyai spesifikasi charger laptop masing-masing. Maka dari itu, saat membeli charger laptop kita perlu memilih yang sesuai dengan merek laptop yang kita miliki, misalnya Asus, Toshiba, atau lainnya.

 

Memperhatikan Tegangan dan Arus Listrik Output

 

Hal penting lain yang perlu kita perhatikan ketika membeli charger laptop baru adalah besarnya tegangan maupun arus listrik outputnya. Kita bisa mengetahuinya dengan cara membaca bagian belakang charger laptop.

 

Misalnya, terdapat tulisan 19V 2.1A pada charger atau adaptor laptop Asus, maka artinya tegangan output yang dihasilkan charger tersebut sebesar 19 volt dengan kuat arus listrik sebesar 2,1 ampere.

 

Apabila charger laptop bawaan hilang dan kita tidak sempat membaca spesifikasinya, maka kita bisa mengetahuinya dengan memperhatikan bagian bawah laptop.

 

Pemeriksaaan besarnya tegangan dan arus listrik output sangat penting kita lakukan karena tidak semua penjual hafal dengan spesifikasi baterai laptop. Charger yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan laptop akan membuat laptop menjadi lebih awet.

 

Memperhatikan Tipe Konektor

 

Setelah kita memastikan charger sudah sesuai dengan merek dan mengetahui tegangan maupun arus listrik outputnya, langkah berikutnya adalah memastikan tipe konektornya sama dengan charger yang asli.

 

Tipe konektor ini sangat menentukan bisa tidaknya charger laptop tersebut kita gunakan. Tipe konektor charger sendiri ada yang berupa pin atau tipe standar.

 

Demikianlah tips memilih charger atau adaptor laptop dengan tepat. Kita bisa membeli charger dengan kualitas baik, namun harganya terjangkau hanya di Swalayan Komputer. Distributor komputer termurah tersebut menyediakan charger atau adaptor dari berbagai merek dan tipe.

 

Tertarik untuk melihat semua produk Swalayan Komputer? Yuk, kunjungi swalayankomputer.com dan dapatkan penawaran terbaiknya. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon