Jumat, 07 April 2023

Macam-Macam Web Server dan Kelebihannya

Web server adalah perangkat yang bisa menjadi perangkat keras (hardware) dan bisa juga menjadi perangkat lunak (software). Perangkat ini menyediakan layanan berupa data melalui protokol HTTP atau HTTPS untuk mengakses file-file yang berada pada suatu situs website dengan media browser.

Sebagai perangkat hardware, fungsi web server hampir serupa dengan harddisk, yakni menyimpan semua file atau data seperti HTML, CSS, text, gambar, video dan lain-lain. Bedanya, server hardware akan melayani transfer data secara online yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Artikel ini akan membahas lebih jauh tentang macam macam web server beserta kelebihannya masing-masing. Penasaran? Yuk langsung saja disimak!

Apache

Salah satu web server paling populer adalah Apache. Untuk menggunakan web server ini, kamu perlu Unix atau Windows. Alasan yang membuatmu perlu mempertimbangkan Apache sebagai web server ialah karena Apache mempunyai sifat Open Source.

Itu berarti, kamu bisa menggunakannya secara gratis. Apache pun punya komunitas yang besar, sehingga pengguna bisa berdiskusi dengan pengguna Apache lainnya.

NginX Web Server

Selanjutnya, ada NginX yang merupakan jenis web server buatan Igor Sysoev yang juga memiliki sifat Open Source. Artinya, kamu bisa menggunakan NginX dengan bebas dan gratis.

Web server ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah memiliki kinerja yang stabil serta performanya yang tinggi.

Lighttpd

Lighttpd merupakan web server yang memiliki branding sebagai web server kecepatan tinggi. Selain itu, Lighttpd juga menggunakan CPU yang sedikit, sehingga ringan untuk digunakan.

Sama halnya dengan dua web server sebelumnya, Lighttpd bersifat Open Source dan bisa digunakan di OS Unix dan Microsoft Windows. Web server ini memiliki berbagai fitur di antaranya, URL rewriting, statistik RRDtool dan HTTP Compression.

Internet Information Service (IIS) Web Server

Bagi pengguna OS Windows, kamu juga bisa menggunakan web server Internet Information Service Web Server (IIS). IIS ini mempunyai kemampuan seperti melakukan pengecekan kesalahan otomatis, sistem PHP yang stabil serta didukung sepenuhnya oleh OS Windows.

IIS menjadi pilihan yang tepat sebagai web server yang kamu gunakan jika memiliki OS Windows.

Itulah ulasan mengenai macam macam web server dan kelebihannya yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Bagi perusahaan IT, web server merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. PT BSB (Bersatu Selaras Bersama) hadir sebagai solusi terbaik bagi jasa pembuatan website atau semua jenis jasa yang terkait dengan IT.

Tidak hanya macam-macam web server, melainkan juga kebutuhan IT tercanggih lainnya. Informasi selengkapnya bisa dilihat di laman ptbsb.id. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon