Senin, 10 April 2023

Bahaya Tidak Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Menyikat gigi secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi, hal itu saja tidak cukup, apalagi pada anak-anak. Rutinitas menggosok gigi belum efektif untuk menghindari masalah gigi. Hal ini karena anak-anak perlu merawat kesehatan gigi di klinik dokter gigi.

Ada banyak gangguan kesehatan gigi dan mulut yang dapat terjadi pada si Kecil yang kurang menjaga kebersihan gigi. Berikut ini pembahasannya. 

 

Gigi Berlubang

Anak dapat mengalami keadaan gigi berlubang atau karies gigi. Kondisi ini terjadi karena anak tidak terbiasa membersihkan rongga gigi, lidah, dan mulutnya secara rutin. 

 

Radang Gusi

Gangguan pada gusi dapat terjadi karena kebersihan gigi dan mulit yang tidak terjaga. Biasanya, radang gusi yang terjadi pada anak karena kekurangan vitamin C dan perawatan gigi yang masih buruk.

Radang gusi ini memiliki tanda munculnya darah dan sariawan di sekitar area gusi. Tidak berbeda jauh dari karies gigi, radang gusi juga bisa terjadi karena penumukan kerak pada gigi. 

 

Infeksi Gusi

Gangguan pada gusi semakin parah ketika anak tidak terbiasa menyikat giginya dengan baik dan benar. Kebersihan mulut yang buruk mengakibatkan infeksi gusi. Jika keadaan ini sangat serius maka jaringan lunak akan rusak dan gigi menjadi tanggal.

Gejala dari infeksi gusi parah atau periodontitis adalah gusi bengkak, berwarna merah kehitaman, dan terasa sakit saat dibuat mengunyah.

Sebaiknya, sejak dini anak rutin mengunjungi dokter gigi. Kunjungan pertamanya disarankan pada usia 12 bulan atau 6 bulan sejak gigi pertama anak tumbuh. Biasanya, kunjungan ini membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit.

Kunjungan anak ke dokter gigi ini meliputi pemeriksaan gigi, rahang, gusi, dan jaringan lain yang berhubungan dengan pertumbuhan maupun perkembangan gigi anak.

Klinik Axel Dental siap membantu Si Kecil mendapatkan pelayanan yang ramah, profesional, dan terjangkau dari dokter gigi terbaik. Klinik yang satu ini berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dengan harga tranparan sehingga pasien merasa puas.

Selain itu, Klinik Axel Dental menerima asuransi kesehatan sehingga pasien lebih mudah dalam mengakses layanan perawatan gigi yang mereka butuhkan. Tidak hanya itu, klinik gigi ini juga sudah memanfaatkan peralatan dan teknologi terbaru sehingga mampu memberikan perawatan gigi yang berkualitas tinggi.

Yuk, kunjungi Klinik Axel Dental untuk merawat gigi anak sejak dini! Cek rekomendasi dokter gigi terbaik hanya di axeldental.id. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon