Jumat, 06 Januari 2023

Kenali 3 Jenis Kertas Untuk Mencetak Buku Berikut

jenis kertas untuk cetak buku

Industri percetakan buku memang menggunakan banyak jenis kertas untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Setiap jenisnya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Tentunya, setiap kertas mempunyai kelebihan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan hasil cetak buku.

Berikut ini beberapa jenis kertas yang tidak asing dalam percetakan buku. Penasaran kertas apa saja itu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini sampai akhir!

HVS

Salah satu jenis kertas yang sering kita jasa cetak gunakan adalah kertas HVS. Kertas yang satu ini memang sudah tidak asing bagi siapa saja yang pernah melakukan foto copy dokumen. Nah, karakter kertas HVS adalah warnanya putih dengan permukaan yang halus.

Kertas ini mempunyai ragam ketebalan, mulai dari 60 gsm sampai 100 gsm. HVS memang kerap menjadi isi dalam buku. Tetapi karena HVS cukup berat, maka orang semakin jarang mencetak buku menggunakannya.

Bookpaper

Mungkin jenis kertas yang satu ini cukup asing di telinga kita. Padahal, mayoritas novel dan buku di pasaran menggunakan jenis kertas ini, lho. Banyak alasan mengapa kertas bookpaper sering orang gunakan mencetak buku.

Salah satunya karena kertas ini jauh lebih ringan daripada kertas HVS. Tidak hanya itu, warna kertas bookpaper sedikit krem sehingga sangat lembut dan nyaman bagi mata pembacanya.

Sama seperti HVS, kertas yang satu ini juga mempunyai beberapa ketebalan. Mulai dari 55 gsm sampai 70 gsm. Biasanya, jasa cetak buku menggunakan kertas bookpaper dengan ketebalan 55 gsm atau 57,5 gsm untuk isi buku.

Matte Paper

Jenis kertas yang satu ini mempunyai permukaan yang licin. Kertas matte paper hampir mirip dengan art paper karena memiliki ketebalan dan karakter yang hampir sama.

Jika ingin membandingkan antar matte paper dengan art paper, kita dapat melihat tampilan fisik keduanya. Kertas art lebih terang dan mengkilap daripada kertas matte. Permukaan pada matte paper memang redup sehingga memudahkan proses penyerapan tinta.

Oleh karena itu, jasa cetak buku sering menggukan matte paper untuk mencetak tabloid atau majalah, terutama bagian isinya. Ketebalan matte paper juga beragam, namun yang paling sering percetakan buku gunakan adalah 100gsm, 120 gsm, dan 150 gsm.

Nah, jika sudah memilih kertas mana yang cocok untuk desain buku. Kita bisa mencetaknya di Dexa Printing Bandung, ya. Jasa cetak buku yang satu ini memiliki hasil cetak dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tidak percaya? Yuk, cek harga cetak buku dengan langsung menghubungi Dexa Printing Bandung melalui kontaknya di www.dexaprintingbandung.com. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon