Cara Hemat Kuota Agar Tidak Cepat Habis

Daftar Isi
beli paket internet

Seiring meningkatnya pengguna gadget, tentu saja pengguna internet juga bertambah. Di dalam kehidupan sehari-hari atau ketika bekerja tentu saja setiap orang tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Namun untuk penggunaan internet harian ataupun untuk bekerja pastinya Anda harus beli paket sesuai kebutuhan saja agar tidak boros.

Seperti diketahui semakin banyak penggunaan internet maka semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika untuk kebutuhan sosial media ataupun game dan bukan untuk kebutuhan urgent pastinya tidak perlu harus mengeluarkan banyak biaya supaya tidak mengganggu finansial.

Cara Tidak Boros Kuota Internet

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet. 

Matikan Fitur Auto Update

Pada smartphone terdapat yang namanya fitur auto update. Dimana jika fitur ini dinyalakan dan terdapat aplikasi yang membutuhkan update maka tentu saja akan menguras kuota internet anda.

Padahal kemungkinan kuota anda sedang menipis dan jika banyak aplikasi yang membutuhkan update maka semakin banyak pula terkuras kuota internet. Tentu saja setiap aplikasi harus di-update namun agar menghindari konsumsi paket data dalam jumlah yang besar maka bisa pilih update secara manual. 

Matikan Auto Download

Selain auto update, Anda juga harus waspada dengan auto download. Adapun fitur ini biasanya hadir di beberapa aplikasi seperti misalnya aplikasi chatting ataupun aplikasi nonton film berbayar.

Mematikan auto download bisa membuat anda hemat kuota lebih banyak. Meskipun kekurangannya adalah jika ingin mendownload file harus dilakukan secara manual. 

Matikan Location

Fitur location tentu saja tidak dibutuhkan selama 24 jam. Jadi untuk menghemat kuota internet maka anda bisa mematikan fitur location jika sedang tidak dibutuhkan.

Matikan fitur location juga dapat membantu Anda untuk lebih hemat baterai. Anda bisa membuat setting untuk menyalakan fitur location hanya ketika aplikasi digunakan saja.

Atur Pemakaian Internet

Saran terakhir adalah agar tidak boros data internet maka harus atur pemakaian. Caranya adalah dengan memilih provider internet yang terbaik dan memberikan kebebasan Anda untuk mengatur kebutuhan kuota internet.

Saat ini terdapat pula pilihan provider digital yang membebaskan para penggunanya untuk mengatur data yang dipakai sesuai kebutuhan. Anda bisa andalkan Live.On yang merupakan provider dari XL Axiata. Adapun provider ini membolehkan pengguna untuk beli paket internet dan add on sesuai kebutuhan.

Penggunaan paket internet juga tidak dibatasi jaringan serta waktu dan bisa digunakan selama 24 jam. Pemilihan kartu SIM juga bisa dilakukan secara online dan Anda bebas memilih nomor bagi setiap pengguna lewat Live.On.

Posting Komentar