Beberapa Cara Mengatasi Bau Mulut Paling Ampuh

Daftar Isi


 

Apakah Anda salah satu orang yang sedang mengalami masalah bau mulut. Bau mulut menjadi salah satu permasalahan yang cukup mengganggu, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain di sekitar Anda. Bau mulut disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi atau juga kurang menjaga kebersihan gigi serta.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Bisa Anda Coba

Cara mengatasi bau mulut bisa dengan beberapa cara alami ada juga kebiasaan yang harus dilakukan untuk membuat mulut Anda tidak bau kembali. Apa saja yang bisa dilakukan? 

 

Hindari Makanan Yang Memiliki Bau Menyengat

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghindari makanan penyebab bau mulut. Ada banyak sekali jenis makanan yang ketika dikonsumsi akan mengeluarkan bau yang menyengat seperti misalnya jengkol, petai, durian, bawang putih, bawang merah dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa makanan tersebut punya senyawa yang saat melalui proses pencernaan, bisa menghasilkan senyawa sulfur dan mengakibatkan mulut Anda menjadi bau. Jadi sebaiknya jika tidak ingin bau mulut hindari makanan tersebut.

 

Konsumsi Air Putih

Cara kedua adalah dengan mengkonsumsi air putih secara cukup minimal 2 liter setiap hari. Tidak mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membuat mulut kering dan dalam kurun waktu lama cenderung membuat aroma mulut jadi tidak sedap.

Ketika mulut kering juga bisa menyebabkan air liur menjadi sedikit. Saat minum air putih cukup, produksi air liur meningkat dan membuat rongga mulut jadi lebih lembab. Air putih juga dapat membilas sisa makanan yang menjadi penyebab bau mulut. 

 

Rajin Sikat Gigi

Saat alami bau mulut, kemungkinan Anda malas untuk sikat gigi. Padahal ketika rongga mulut bersih dan sehat sudah pasti terhindar dari yang namanya gangguan bau mulut. Bahkan sikat gigi jadi cara paling ampuh dan paling sederhana untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Anda bisa lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari.

 

Sikat Lidah

Selain sikat gigi, Anda juga disarankan untuk mengikat lidah karena sisa makanan bisa saja menempel pada lidah dan menyebabkan bau mulut. Sisa makanan yang menempel pada lidah akan menjadi sarang bakteri.

Maka dari itu Anda harus membersihkan lidah secara rutin dengan cara menyikatnya. Anda bisa menggunakan sikat gigi ataupun scraper yang memang dibuat khusus untuk membersihkan lidah.  

Cara mengatasi bau mulut lainnya yang juga optimal yaitu dengan rajin mengunjungi klinik gigi untuk perawatan gigi dan mulut. Opal Dental jadi salah satu klinik andalan bagi Anda yang ingin perawatan gigi karena memiliki perawatan standar internasional dan juga punya tim dokter terbaik.

Posting Komentar