Rabu, 23 November 2022

Yukk Cari Tahu Tips Masak Seblak Anti Gagal

tips masak seblak anti gagal

Apakah Anda salah satu penggemar seblak dan saat ini sedang ingin masak seblak sendiri karena ingin lebih hemat dan ingin memakan seblak sepuasnya? Jika iya, maka selain mengetahui langkah demi langkah pembuatan seblak Anda juga harus tahu tips yang tepat agar bisa membuat seblak tanpa gagal di percobaan yang pertama.

Diketahui seblak merupakan salah satu makanan atau jajanan viral khas Bandung yang sangat disukai orang-orang, tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Selain beli seblak di tukang seblak membuat seblak sendiri juga menjadi favorit, orang-orang karena caranya juga mudah.

Tips Membuat Seblak

Meski seblak mudah sekali cara pembuatannya namun ada beberapa orang yang malah gagal membuat masakan ini. Berikut tips membuat seblak anti gagal yang wajib dicoba. 

Kerupuk Harus Benar-benar Empuk

Tips pertama yaitu pastikan bahwa seblak yang dimasak kerupuknya benar-benar sudah empuk dan jangan sampai punya tekstur yang keras. Karena salah satu kunci memasak seblak sukses adalah pada kerupuk. Anda harus rendam kerupuk selama 30 menit agar mendapatkan tekstur yang benar-benar empuk.

Jika ingin cepat empuk juga bisa dengan merebus kerupuk seblak di air panas selama beberapa menit. Baiknya ketika merebus di air panas seblak dibuat setengah empuk saja karena nanti juga akan dimasak lagi. Tambahkan minyak goreng saat merebus seblak supaya kerupuk tidak menempel di dasar panci.  

Masak Bumbu Sampai Matang

Berikutnya, selain kerupuk penting juga untuk menambahkan bahan-bahan atau bumbu sebelum seblak matang. Pastikan bumbu halus yang ditumis sudah benar-benar matang agar masakan seblak jadi lebih enak dan aromanya mantap. Ciri-ciri bumbu sudah matang adalah warnanya berubah dan aroma juga lebih harum. 

Tidak Berlebihan Menambahkan Air

Banyak orang menyepelekan cara membuat seblak di bagian ini. Dimana tidak melihat takaran memasukkan air untuk masak seblak dan tidak membandingkan dengan bumbu yang ada. Hasilnya malah membuat seblak memiliki rasa yang lebih hambar karena airnya terlalu banyak.

Jika memasak seblak kebanyakan air meskipun nantinya bisa ditambahkan bumbu penyedap namun rasa tersebut lebih dominan asin dan tidak gurih. Padahal sejatinya seblak adalah makanan yang tidak asin tapi gurih dan cenderung pedas.

Itu tadi beberapa tips untuk memasak seblak anti gagal yang bisa dicoba. Jika buatan Anda enak, menu ini tidak hanya bisa jadi andalan untuk keluarga tapi juga bisa dicoba untuk ide jualan. Untuk resep seblak lebih lengkap bisa kunjungi Dapur Umami. Di Dapur Umami juga bisa menemukan banyak sekali resep-resep masakan terutama untuk masakan nusantara.


EmoticonEmoticon