Senin, 28 November 2022

Penyebab Muncul Flek Coklat Sebelum Haid yang Wajib Dipahami

penyebab muncul flek coklat sebelum haid yang wajib dipahami

Muncul flek coklat sebelum haid terjadi pada beberapa wanita. Setiap wanita normal pastinya akan merasakan menstruasi setiap bulan yang periodenya berbeda-beda pada setiap orang. Dan beberapa di antaranya pernah mengalami flek coklat sebelum masuk hari pertama menstruasi. Ternyata perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya flek coklat ini.

Sebagian wanita pasti khawatir sebelum datangnya haid sering mengalami kemunculan flek coklat. Flek coklat ini bisa saja timbul karena penyebab biasa ataupun tanda yang berbahaya untuk area kewanitaan. Lalu apa saja penyebab yang bisa membuat flek coklat muncul sebelum waktu haid?

Penyebab Flek Coklat Sebelum Haid

Flek coklat yang hadir sebelum haid biasanya muncul tidak berlangsung lama yaitu 1 sampai 2 hari sebelum haid. Apa sebenarnya penyebab flek coklat ini? 

Periode Tertunda

Disebut juga dengan periode parsial. Dimana masa menstruasi bisa terjadi karena tidak adanya kehamilan dalam rahim. Hal ini mengakibatkan rahim mengeluarkan lapisan permukaan rahim selama proses menstruasi di mana lapisan tersebut terdiri atas darah kotor. Selain darah kotor ada juga lapisan endometrium dan jaringan nutrisi.

Pengeluaran tersebut terkadang tidak lancar setiap bulan dan bisa meninggalkan sedikit lapisan yang mengendap dalam rahim selama sebulan. Lapisan yang tertinggal ini yang akan dikeluarkan pada masa menstruasi di bulan berikutnya. 

Ini juga yang disebut dengan flek kecoklatan dan bukan darah merah muda atau merah. Kadang pula nutrisi dikeluarkan lewat terjadinya haid yang berwarna coklat atau berwarna lebih gelap. Jika ini terjadi tidak perlu khawatir karena memang tidak berbahaya. 

Konsumsi Pil KB

Flek coklat saat sebelum haid juga bisa muncul karena mengkonsumsi pil KB. Adapun pil KB bisa mengganggu hormon wanita dan membuat hormon jadi tidak stabil. Penelitian menyebutkan bahwa beberapa orang sebelum masa haid muncul flek coklat karena ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh pil KB.

Pada penelitian tersebut wanita yang mengalami munculnya flek coklat, karena lupa meminum pil KB selama satu atau dua hari. 

Perimenopause/Menopause

Munculnya flek coklat juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami perimenopause. Adapun menopause dan primenopause terjadi pada usia 35 sampai 40 tahun. Di mana umumnya wanita mengalami flek kecoklatan karena kadar progesteronnya turun dan siklus haid menjadi lebih singkat dan tidak teratur.

Munculnya flek kecoklatan ini bersamaan dengan keringat malam, vagina yang mengering dan gangguan tidur serta rasa panas dengan detak jantung yang cepat dan ketidakseimbangan mood. 

Alami Ovulasi

Berikutnya, kemunculan flek coklat bisa jadi tanda Anda sedang mengalami ovulasi. Ini karena sel telur meninggalkan folikel atau perubahan kadar hormon saat ovulasi di hari ke-14 dari siklus rata-rata haid 28 hari. Ovulasi adalah sebuah tanda bahwa seorang wanita subur.

Jadi kehadiran flek coklat ini pada kasus seseorang yang mengalami ovulasi bisa menjadi sinyal bahwa wanita mengalami kesuburan. Bagi yang sedang melakukan program hamil maka bisa memanfaatkan kemunculan flek coklat untuk berhubungan intim dengan pasangan resmi.

Flek coklat sebelum haid juga bisa jadi tanda kehamilan karena sedang mengalami pendarahan implantasi saat sel-sel telur dibuahi menempel pada lapisan rahim, yang terjadi 10 sampai 14 hari setelah masa ovulasi. Mengalami flek coklat sebelum haid bisa jadi wajar namun jika terus-menerus terjadi dan tidak berhenti maka bisa berbahaya dan perlu konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk Anda yang sedang menstruasi maka wajib memilih pembalut terbaik untuk menjaga higienitas dan daerah kewanitaan. Pilihan pembalut yang tepat saat ini bisa dipilih dari merk Charm. Dimana Charm mengeluarkan produk pembalut sesuai dengan kebutuhan para wanita dengan ragam pilihan produk pembalut.


EmoticonEmoticon