Memaknai Arti Asmaul Husna Al Khaliq

Daftar Isi
memaknai arti Asmaul Husna Al Khaliq

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah yang indah yang jumlahnya 99. Sudah sepantasnya sebagai umat Islam yang taat, Anda tidak hanya harus menghafal Asmaul Husna tapi juga mengamalkan setiap nama-nama Allah tersebut.

Nama-nama Allah yang terdiri dari 99 ini memiliki makna masing-masing. Salah satunya yaitu Asmaul Husna ke-11 Al Khaliq yang berarti Yang Maha Pencipta. Allah merupakan pencipta seluruh alam dan isinya termasuk makhluk yang ada di bumi. Al Khaliq berarti pula bahwa Allah SWT adalah satu-satunya pencipta yang paling kuat dan perkasa untuk menciptakan sesuatu secara sempurna.

Mengenal Al Khaliq Yang Maha Pencipta

Al Khaliq berasal dari kata khalq. Yang artinya mengukur atau memperluas dan kemudian makna ini berkembang lagi dengan arti menciptakan. Kata khalaqa, memberikan makna lebih kepada kehebatan dan kebesaran Allah untuk menciptakan sesuatu.

Namun jika diartikan secara bahasa Arab klasik Al Khaliq memiliki kata dasar kh-l-q yang artinya adalah mengukur dengan akurat, menentukan ukuran yang tepat untuk sesuatu, membandingkan 1 dan lainnya serta menciptakan sesuatu dari yang tidak ada menjadi ada.

Allah, Dia adalah yang menciptakan sesuatu sebelum tidak ada menjadi ada. Salah satu ciptaan tuhan yang sempurna ada pada manusia. Itu makhluk yang begitu kompleks dan juga sempurna dibanding makhluk Allah yang lain.

Dalil Tentang Asmaul Husna Al Khaliq

Berapa dalil tentang Al Khaliq dalam ayat Alquran yang artinya Yang Maha Pencipta.

  • Surah Ar-Rum Ayat 20-25
  • Surah As-Sajdah Ayat 7
  • At-Tin Ayat 4

Mengamalkan Al Khaliq Dalam Kehidupan

Tentu saja setiap umat muslim wajib meyakini dan beriman kepada Al Khaliq Yang Maha Pencipta. Di mana umat muslim wajib meyakini bahwa Allah Azza Wa Jalla yang sudah menciptakan manusia dengan rupa dan bentuk sempurna dan sebaik-baiknya.

Umat muslim wajib mengamalkan dan meneladani Al Khaliq dalam kehidupan sehari-hari caranya adalah dengan bersyukur dan mencintai diri apa adanya. Wajib juga bertanggung jawab pada diri sendiri yang sudah diciptakan Allah dengan sangat baik. 

Dengan menjaga dan merawat diri baik lahir dan batin serta tidak mengubah sesuatu apapun yang sudah diberikan Allah pada tubuh menjadi salah satu cara mengimani asmaul husna Al Khaliq dalam kehidupan.

Untuk Anda yang ingin mempelajari 99 Asmaul Husna berikut artinya, bisa kunjungi website Surau.co. Anda bisa menemukan Asmaul Husna lengkap dengan artinya pada website ini.

Posting Komentar