Kamis, 09 Juni 2022

Apa Itu Throughput? Pelajari Cara Mengoptimalisasinya di Sini!

apa itu throughput

Banyak pengguna internet yang tidak mengetahui apa itu throughput? Throughput adalah konsep yang memberikan informasi tingkat kinerja internet kita. Kecepatan adalah hal penting yang harus dimiliki jaringan. Beruntungnya, sekarang ada layanan Dedicated Internet Indonesia dari Link Net yang memiliki jaringan koneksi tercepat.

Apa Itu Throughput dalam Jaringan?

Throughput adalah jaringan yang mengacu pada seberapa banyak data yang dapat ditransfer dari satu sumber ke tujuan lain dalam jangka waktu tertentu. Throughput mengukur berapa banyak paket yang tiba di tujuan dengan sukses.

Bagaimana Cara Optimalisasi Throughput?

Kapasitas throughput diukur dalam bit per detik, tetapi juga dapat diukur dalam data per detik. Jika ingin memaksimalkan jaringan internet, Anda perlu mengoptimalisasi throughput dengan meminimalisir latensi jaringan. Karena, latensi dapat memperlambat throughput dan membuat kinerja jaringan yang buruk kepada pengguna.

Penyebab umum latency adalah terlalu banyak orang yang menggunakan jaringan dalam waktu bersamaan. Latency akan menjadi lebih buruk lagi, apabila terlalu banyak orang yang mengunduh konten digital secara bersamaan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kemacetan, mulai dari meng-upgrade router. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi jumlah node yang digunakan pada jaringan Anda, karena node ini akan memperpendek jarak yang harus ditempuh paket, sehingga berpotensi mengurangi kemacetan.

Tips Mengurangi Latensi

Berikut adalah beberapa tips lain untuk mengurangi latensi, supaya kinerja jaringan internet Anda menjadi lebih maksimal:

Gunakan Koneksi Kabel

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi latency adalah menggunakan koneksi kabel. Karena, koneksi nirkabel bisa hilang bila dikirim melalui udara. Jika ini terjadi, server harus mengirim informasi lagi, sehingga menyebabkan hambatan.

Maka dari itu, menggunakan kabel Ethernet adalah cara termurah dan mudah untuk meningkatkan koneksi internet Anda.

Reboot Jaringan

Jika latency masih terjadi, Anda bisa coba untuk mematikan router jaringan Anda. Cobalah untuk mencabut router dan modem, tunggu beberapa saat dan lakukan reboot.

Tutup Aplikasi yang Menggunakan Banyak Bandwidth

Ada beberapa aplikasi yang menggunakan koneksi jaringan yang banyak dan memakan bandwidth dalam jumlah besar.

Perlu Anda ketahui, semua koneksi jaringan memiliki bandwidth yang terbatas. Maka dari itu, gunakanlah aplikasi dalam porsi yang wajar.

Nonaktifkan Firewall

Firewall menyaring semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar. Apabila firewall rusak, ini menyebabkan latency pada jaringan internet Anda.

Maka dari itulah, menonaktifkan firewall menjadi salah satu cara efektif yang membantu Anda mempercepat koneksi jaringan internet Anda.

Sudah Paham Apa Itu Throughput?

Link Net selaku perusahaan layanan internet dapat membantu meningkatkan kelancaran jaringan koneksi internet Anda. Bersama Link Net, semua kebutuhan jaringan konektivitas perusahaan Anda dapat terpenuhi dengan baik.


EmoticonEmoticon