Minggu, 17 April 2022

Pahami Apa Itu Asuransi Unit Link, Jenis-jenis, dan Keuntungannya

apa itu asuransi unit link, jenis dan keuntungannya

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memastikan proteksi finansial Anda di masa depan adalah dengan memanfaatkan asuransi. Dalam perkembangannya, asuransi kini juga mengalami berbagai inovasi yang mengikuti tren terkini. Salah satunya adalah produk asuransi investasi unit link

Berbeda dengan asuransi pada umumnya, jenis asuransi ini disebut-sebut memberikan keuntungan ekstra bagi para nasabahnya. Jika Anda tertarik untuk menjadi bagian dari asuransi tersebut, maka pelajari dulu beberapa hal penting berikut ini.

Mengenal Asuransi Investasi Unit Link

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk asuransi yang satu ini. Namun, bagi yang masih awam, sebaiknya pelajari dulu tentang kelebihan dan risikonya agar tidak salah dalam menentukan pilihan. Asuransi unit link merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat ganda yaitu untuk proteksi sekaligus investasi. 

Cara kerja dari produk ini sama dengan jenis asuransi tradisional yakni dengan melakukan pembayaran premi bulanan dalam jumlah tertentu sesuai kesepakatan. Rincian premi bulanan tersebut terdiri dari biaya asuransi, akuisisi, administrasi, proteksi, investasi unit, dan biaya lain-lainnya.

Mengingat minat masyarakat akan investasi kini semakin tinggi, maka produk ini bisa jadi solusi bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi dengan manfaat ekstra lainnya. Namun, ada juga menyadari bahwa tiap jenis investasi pasti memiliki resiko masing-masing, tak terkecuali asuransi unit link tersebut.

Pahami Dulu Manfaatnya Sebelum Menjadi Nasabah

Sayangnya, nilai investasi bersifat fluktuatif dan sangat dipengaruhi oleh perkembangan pasar modal terkini. Sehingga membuat kebijakan dari produk asuransi unit link lebih kompleks dari produk asuransi yang hanya menawarkan perlindungan saja. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ikut serta dalam mengawasi kinerja dari asuransi unit link tersebut. Oleh sebab itu, OJK menghimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk lebih hati-hati dalam memilih produk asuransi unit link serta mempelajari betul berbagai untung ruginya sebelum memutuskan menjadi nasabah.

Macam-macam Asuransi Unit Link

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di produk asuransi unit link, ada beberapa jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan situs berita Kompas. Berikut ulasannya.

  • Cash Fund Unit Link

Cara kerja dari jenis produk ini yaitu dengan menginvestasikan semua portofolio nasabah ke dalam pasar uang dalam bentuk deposito berjangka, SBI, dan surat utang jangka pendek. Produk ini dinilai memiliki risiko yang rendah mengingat jangka waktu yang ditetapkan cukup pendek.

  • Fixed Income Unit Link

Jika produk sebelumnya menempatkan 100% dana investasi di pasar modal, maka fixed income unit link hanya menyertakan 80% saja ke instrumen obligasi. Keuntungan dari jenis asuransi ini, selain mendapatkan penghasilan yang ajeg, Anda juga mendapatkan profit dari tingkat bunga yang optimal.

  • Managed Unit Link

Produk asuransi managed unit link cocok untuk Anda yang mendambakan pertumbuhan investasi jangka panjang. Cara kerja dari asuransi ini yaitu dengan menempatkan portofolio nasabah di instrumen obligasi serta saham pada persentase tertentu.

  • Equity Unit Link

Equity unit link adalah produk asuransi unit link yang paling tinggi risiko karena 80% dana nasabah akan dialokasikan ke saham. Padahal nilai investasi saham akan berpatokan pada indeks saham yang pergerakannya tidak dapat diprediksi dengan pasti. Namun, produk ini juga berpotensi mendatangkan keuntungan paling optimal bagi nasabahnya.

Ingin mendapatkan perlindungan sekaligus berinvestasi? Yuk gabung dengan asuransi investasi unit link dari FWD insurance yang akan memberikan jaminan keamanan, proteksi pasti, dan keuntungan investasi yang menjanjikan.


EmoticonEmoticon