Sabtu, 02 April 2022

Cara Mudah dan Cepat Ganti Oli Motor Sendiri


 

Memiliki kendaraan sepeda motor berarti sebagai pemilik perlu untuk menjaganya dengan baik, salah satu cara yang perlu untuk dilakukan yaitu dengan memastikan bahwa oli yang digunakan pada motor diganti secara berkala, baik dilakukan sendiri maupun juga pergi ke bengkel. 

 

Akan tetapi, pilihan untuk melakukan ganti oli motor sendiri bisa menjadi sebuah keputusan yang lebih tepat untuk dilakukan karena lebih mudah serta bisa mengetahui lebih dalam mengenai apa saja komponen yang ada dan kondisi yang dimilikinya. Bagi yang terbilang masih pemula dan baru saja akan mencoba untuk mengganti oli motor sendiri, maka simak penjelasan serta langkah melakukannya seperti di bawah ini.

Langkah Mengganti Oli Motor Sendiri di Rumah

Berikut ini merupakan langkah yang perlu untuk dilakukan dalam mengganti oli motor secara sendiri di rumah diantaranya:

1. Parkir motor tersebut dalam keadaan tengah dengan menggunakan standar atau penyangga sehingga mampu untuk mendorong oli agar bisa terkuras dengan lebih cepat.

2. Buka baut yang digunakan pada bagian pembuangan oli, tepatnya yaitu ada di bawah mesin dengan memanfaatkan kunci pas. Jangan lupa untuk taruh wadah di bawahnya sebagai penampung oli sehingga tidak akan berceceran kemana-mana.

3. Buka baut yang digunakan pada bagian pengukur lubang pengisian oli. Gunakan kick starter sebagai media untuk membantu agar memastikan bahwa oli sudah tidak lagi tersisa di dalamnya.

4. Cek kondisi saringan oli yang ada, lalu bersihkan atau ganti dengan saringan yang baru. Kemudian pasang saringan tersebut dan jangan lupa untuk menutup pada bagian baut pembuangan oli yang tadi sudah dibuka.

5. Isikan oli yang biasa digunakan ke dalam bak mesin menggunakan baut pengukur yang ada agar menjadi lebih mudah. Setelah itu, baut pengukur tadi dipasang kembali agar oli tidak berceceran dimana-mana.

6. Jika sudah selesai, maka nyalakan mesin motor dan biarkan stasioner yang ada berputar untuk beberapa waktu.

7. Matikan mesin yang nyala tadi dan cek apakah oli yang dimasukkan tadi sudah sesuai dengan batasnya.

Kendala Saat Melakukan Ganti Oli Motor Sendiri


Tidak bisa dipungkiri bahwa mengganti oli motor yang digunakan sendiri bisa menjadi sebuah hal yang mempermudah diri sehingga tidak perlu lagi kesulitan untuk pergi ke luar rumah atau mencari bengkel yang tepat. Namun, tentunya hal ini juga memiliki kendalanya tersendiri yaitu berkaitan dengan alat yang digunakan untuk bisa mengganti oli motor ini bisa saja kurang lengkap dan ada komponen yang tidak dimiliki di rumah. Maka dari itu, penting untuk memastikan terlebih dahulu bahwa alat yang diperlukan nantinya sudah lengkap dan dapat digunakan sehingga proses mengganti oli motor di rumah ini menjadi lebih lancar.


EmoticonEmoticon