Jumat, 12 November 2021

Wajib Tahu! Jenis-jenis dan Kunci Menang Lelang IBID

Buat kamu yang baru mengenal IBID, agen lelang ini melelangkan berbagai jenis mobil dan motor. Asalkan trik dan strategi yang kamu gunakan tepat, membeli mobil melalui lelang akan lebih menguntungkan.

Memilih Jenis Lelang di IBID


Kamu perlu tahu jenis lelang yang terdapat di IBID. Sejauh ini ada tiga jenis metode lelang, di antaranya live auction, timed auction, dan flash auction. Simak penjelasan singkat berikut agar kamu tahu perbedaannya.

● Live auction


Proses lelang akan dilaksanakan dalam waktu real time. Bisa dilakukan secara virtual maupun on site di cabang IBID. Karena dilaksanakan di lokasi, proses lelang akan terikat dengan jadwal lelang reguler pada lokasi tersebut.

● Timed auction


Timed auction hampir serupa dengan live auction. Yang menjadi pembedanya adalah durasi lelang. Pada timed auction, durasi lelang bisa berlangsung hingga lebih dari satu hari.

Waktu yang cukup panjang ini memberikan waktu agar kamu lebih fleksibel dalam mengikuti lelang.

● Flash auction


Selanjutnya adalah flash auction. Metode satu ini tidak terikat oleh jadwal lelang di cabang IBID, sebab pelaksanaan lelang sepenuhnya berlangsung secara virtual melalui aplikasi IBID.

Kamu bisa mengunduh aplikasi IBID dari App Store, Huawei App Gallery dan Google Play Store. Melalui aplikasi, akses lelang akan lebih mudah dan cepat. Timed auction dilengkapi dengan fitur live stream untuk menyaksikan lelang.


Jenis-jenis dan Kunci Menang Lelang IBID

Strategi agar Menang Lelang Mobil


Diperlukan strategi khusus agar mobil incaranmu bisa dibawa pulang. Adapun cara yang perlu kamu perhatikan saat mengikuti lelang adalah sebagai berikut:
Perhatikan legalitas agen lelang

Langkah pertama ini sangat penting agar kamu tidak tertipu. Untuk memastikan agen lelang memiliki legalitas yang jelas, kamu bisa memperhatikan alamat situs, sosial media, dan alamat kantor.

Cek juga nomor rekening yang kamu gunakan untuk membeli NPL, pastikan jelas. Agen lelang resmi tentu menggunakan nama instansi pada nomor rekeningnya.

 

Ketahui harga pasaran mobil bekas

Tujuan kamu mengikuti lelang tentu untuk mendapatkan harga yang lebih kompetitif dari harga pasaran. Jadi, langkah penting selanjutnya adalah mengetahui harga pasaran mobil incaranmu.

Jadikan harga tersebut sebagai acuan untuk dijadikan jangkauan harga mobil bekas yang kamu taksir. 

 

Teliti dan pastikan dokumen lengkap

Saat mengikuti lelang on site, kamu wajib mengecek kelengkapan dokumen dan legalitas dari mobil incaranmu. Pastikan apakah kondisi mobil sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh informasi pada aplikasi IBID.

IBID sendiri akan melakukan inspeksi untuk mengkategorikan kualitas mobil ke beberapa grade. Kurang lebih terdapat 5 grade. Beda grade, maka harga yang dipatok juga akan beda.

 

Rasional dan tidak mudah terbawa nafsu

Saat mengajukan penawaran harga atau disebut sebagai bidding, atur nafus bidding kamu agar tidak mudah terbawa oleh suasana. Tahapan bidding memang tahap yang paling seru.

Tapi, jangan sampai kamu ikut terbawa suasana hingga harga mobil incaran kamu melebihi harga pasarannya. Kunci dari lelang yang menguntungkan adalah tetap berpikir rasional dan atur nafsu bidding. 

 

Setelah mengetahui strategi agar menang lelang di atas, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada lelang yang diselenggarakan IBID. Agen lelang ini sudah jelas dan terbukti berhasil menjual ratusan mobil bekas melalui lelang.


EmoticonEmoticon