Sabtu, 09 Oktober 2021

Ingin Bisnismu Berkembang? Coba Terapkan Sistem Reseller


 

Semua pemilik usaha pasti ingin mempunyai reseller profesional dan berkualitas untuk mengembangkan dan memperluas jangkauan pasar bisnis mereka. Sebab, reseller juga bisa membuat para pelaku usaha mendapatkan tambahan keuntungan sampai dua atau tiga kali lipat, bahkan lebih.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya merekrut seseorang unyuk menjadi reseller bisnis Anda?

Nah, ulasan di bawah ini akan membahas 5 tips dan strategi bagaimana cara membuat tim reseller yang tepat dengan bisnis Anda. Disimak baik-baik, ya! 

 

Seleksi calon reseller dan kenali dengan baik

Anda harus mengenali calon reseller Anda dengan baik, sebelum membuat keputusan untuk bekerja sama dalam mengembangkan bisnis. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang mereka, seperti identitas lengkapnya, pekerjaan sebelumnya, paham teknologi atau tidak, dan sebagainya. 

 

Pastikan produk yang kamu jual berkualitas

Beberapa calon reseller biasanya memposisikan diri sebagai konsumen saat mencari supplier. Maka, pastikan kalau produk Anda mempunyai kualitas yang baik dan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Karena, banyak supplier yang kurang cepat dan tanggap jika ada keluhan dari reseller. Anda bisa mendapatkan reseller yang potensial untuk membantu berkembangnya bisnis Anda, apabila hal yang telah disebutkan di atas telah terpenuhi. 

 

Pastikan produk memiliki pasar yang potensial

Selain berkualitas, sebuah produk juga harus memiliki pasar yang potensial. Bayangkan jika produk Anda tidak jelas pasarnya, bisa-bisa reseller akan kesulitan untuk menjualnya di pasaran. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan riset dan observasi produk yang sedang naik daun di pasaran.

Apabila produk yang Anda punya memiliki kualitas tinggi serta pasar yang menjanjikan, reseller dan konsumen akan datang dengan sendirinya. 

 

Beri tahu pasukan reseller benefit yang akan didapatkan

Tidak hanya Anda yang ingin memiliki reseller yang tepat, mereka pun pasti akan selektif dalam memilih supplier yang terbaik. Bekerja menjadi seorang reseller, berarti mereka ingin mencari keuntungan dari hasil penjualan yang diperoleh.

Selaku pemilik usaha, Anda harus memberi tahu para calon reseller, terkait benefit atau keuntungan apa saja yang bisa mereka dapatkan apabila bergabung dengan tim reseller Anda. 

 

Jadikan reseller sebagai partner bisnis bukan bawahan

Reseller bisa saja kabur ke kompetitor bisnis lain jika Anda tidak pandai menempatkan diri. Posisikan diri Anda sebagai partner bisnis mereka, yang harus siap sedia mendengar keluhan dan masalah yang sedang mereka hadapi. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan pelatihan terkait strategi penjualan yang baik, menyiapkan marketing kit seperti katalog produk untuk berjualan, dan lain-lain. Menjadi partner bisnis, tentunya Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan para reseller.

Reseller memiliki andil besar untuk perkembangan bisnis Anda, sebaliknya bisnis yang Anda jalankan akan memberikan keuntungan untuk mereka. 

Demikian lima tips dan strategi sukses yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis dengan sistem reseller. Selamat mencoba!


EmoticonEmoticon